Categories
Parenting

Peduli Kesehatan Limfoma

Kelenjar getah bening atau limfoma merupakan penyakit keenam terbesar di dunia. Tercatat setiap 90 detik, sa tu orang di dunia di nyatakan terdiagnosis kanker limfoma. Artinya, sekitar 400 ribu orang per tahun dinyatakan terdiagnosis limfoma. Berdasarkan data Glo bocan, limfoma bisa menyerang semua umur dan jenis kelamin. Sehubungan dengan hal ini, beberapa waktu lalu di Jakarta di adakan pertemuan para penyintas (survi vor) limfoma yang tergabung dalam Cancer Information & Sup port Center (CISC).

Baca juga : tes toefl Jakarta

Mereka berbagi pengalaman seputar perju angannya saat me la wan kanker. Para survivor kanker merasa senang saat bergabung dalam CISC, ka rena bukan se kadar informasi tentang kanker yang didapatkan melainkan se bu ah keluarga ba ru yang saling men dukung dan saling ber bagi sehingga perjuangan melawan kanker terasa lebih mudah. “Limfoma merupakan kanker yang ber awal dari sel-sel limfosit (sa lah satu sel darah putih) yang merupakan salah satu bagian dari kekebalan tubuh.

Limfoma me nyebar lewat alir an darah dan sis tem limfatik dan tumbuh di bagian-bagian tubuh seperti nodus limfe, limpa, sumsum tulang belakang dan organ lainnya,” ungkap konsultan Divisi Hematologi dan Onkologi Rumah Sakit Cipto Mangun kusumo, Dr. dr. Andhika Rachman, SpPD, KHOM yang turut hadir. Kanker kelenjar getah be ning ter ba gi menja di dua, yakni kanker kelenjar getah bening tie hodgkin (menyerang getah bening) dan non-hodgkin (menyerang sel da ah putih).

Pertum buhan kanker limfoma akan semakin cepat dan menimbulkan banyak gejala sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh. Deteksi kelen jar getah bening dapat dilakukan sejak dini. Cara paling mu dah de ngan me mijat area yang terdapat kelejar getah be ning seperti leher, ketiak, dada, dan paha. Ben jolan akan sema kin mu dah ditemukan pada saat mandi. Lakukan pi jat perlahan saat kondisi tubuh licin oleh sabun.

Sumber : pascal-edu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *