Categories
Resep

Ketupat Sayur Ceker ala Cafe Instagramable di Jakarta

Ketupat Sayur Ceker ala Cafe Instagramable di Jakarta

Bahan: 5 bh ceker ayam 150 gr buncis, iris serong 1 bh labu siam, potong kotak-kotak 1 bh wortel, iris serong 2 lbr daun salam 2 btg serai, ambil bagian putihnya, memarkan 2 btr asam kandis 1 1/2 sdt garam 1 sdt gula pasir 1 sdm udang rebon, haluskan 900 ml santan dari 1 btr kelapa 1 sdm minyak, untuk menumis

Bahan Pelengkap: 2 bh ketupat, potong-potong 100 gr mi kuning basah 100 gr kerupuk merah Bumbu Iris: 13 bh cabai hijau keriting 10 bh cabai rawit hijau 1 cm jahe 1 cm lengkuas 6 btr bawang merah 3 btr bawang putih

Cara Membuat Untuk 5 porsi : 1. Rebus ceker ayam dengan 2 lbr daun salam, 1 cm jahe, dan 500 ml air hingga matang. Tiriskan. 2. Panaskan minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, dan lengkuas sampai harum. 3. Tambahkan buncis, wortel dan labu siam sambil sesekali di aduk. Tambahkan cabai. Aduk sampai layu. 4. Tuang santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Masukkan ceker ayam dan rebon masak sambil diaduk sampai mendidih. 5. Bubuhi garam dan gula pasir. Aduk rata. Masak sambil diaduk hingga matang. 6. sajikan sayur bersama ketupat, mie dan kerupuk merah.

Gula Merah

Gula merah merupakan jenis pemanis yang terbuat dari nira yang berasal dari pohon enau. Cairan nira inilah yang kemudian direbus sampai mengental lalu dicetak. Gula merah memiliki rasa manis legit dan beraroma khas. Gula merah memiliki tekstur yang cenderung lembap. Tak heran jika gula merah yang disimpan terlalu lama akan lumer. Maka, cara menyimpan gula merah yang baik adalah di dalam wadah tertutup, serta diletakkan di tempat yang sejuk dan kering, atau di dalam lemari es.

Gula merah menjadi salah satu bahan makanan yang tampaknya wajib ada di dapur. Kendati tak setiap hari digunakan, namun sejumlah masakan atau kue akan terasa lebih gurih dan legit dengan tambahan gula merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *