Categories
Rumah

Ide Meminimalisir Ruangan agar Terlihat Luas

Ide Meminimalisir Ruangan agar Terlihat Luas – Punya hunian dengan luas terbatas, bukan berarti aktivitas juga ikut terbatas. Dengan pengaturan yang kreatif, sebuah ruang dapat memiliki beragam fungsi. Furniturlah yang menjadi kunci, karena ia dapat mengakomodasi fungsi-fungsi tersebut. Kata “kompak” yang berasal dari kata “compact” dalam bahasa Inggris, dapat berarti padat, menyatu, ringkas, dan berukuran kecil. Syarat-syarat inilah yang harus ada pada furnitur di ruang yang mungil. Furnitur yang kompak akan menghemat tempat, Furnitur Kompak Teks Fransisca Wungu Prasati saat digunakan dan juga saat disimpan. Fungsinya pun dapat lebih dari 1, sehingga tidak perlu furnitur lain untuk mendukung kegiatan yang berbeda. Kali ini, iDEA menyuguhkan aneka furnitur yang didesain dengan konsep tersebut. Ada yang menggunakan sistem lipat, geser, bahkan ada yang dapat dibongkar pasang dengan mudah. Ada pula furnitur yang ukurannya dibuat pas dengan ruang agar irit tempat. Mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Dengan furnitur yang kompak, kita tidak perlu merisaukan terbatasnya kegiatan karena sempitnya lahan. S aat ini, tinggal di hunian dengan luas yang terbatas menjadi sebuah pilihan yang diambil oleh sebagian orang. Tidak dapat dipungkiri, harga tanah yang meroket hingga semakin pesatnya pembangunan membuat bertempat tinggal di hunian yang luasnya terbatas semakin lazim dijalani, entah itu di apartemen maupun di rumah berukuran mungil. Imbasnya, tentu penataan rumah—terutama furnitur dan penempatannya—harus dipikirkan baik-baik. Salah satu masalah dari lahan terbatas adalah kita tidak bisa memilih dan menempatkan furnitur begitu saja. Semua harus dicemati, mulai dari ukuran, fungsi, dan penempatannya pada ruang. Namun, jangan karena lahan terbatas, eksplorasi furnitur kita juga turut menjadi terbatas. Dengan berkembangnya desain furnitur, kini kita dapat menggunakan furnitur kompak di tempat tinggal kita.

Banyak Fungsi

Yang dimaksud dengan furnitur ringkas atau furnitur kompak di sini adalah furnitur-furnitur yang multifungsi, hemat tempat, hingga penempatannya yang fit in pada ruangan. Cobalah kita bayangkan jika sebuah tempat tidur yang tidak hanya sekadar menjadi sarana untuk beristirahat, namun juga dapat digunakan sebagai storage untuk menyimpan barang-barang, mulai dari pakaian hingga bukubuku , sehingga kita tidak perlu menggunakan lemari. Berapa banyak ruang yang dapat kita hemat? Banyak, bukan? Dengan begitu kita tetap mendapatkan kesan kamar yang lapang meskipun sebenarnya ruang tersebut tidaklah luas.

Hemat Tempat

Tidak hanya multifungsi, aspek lain yang menjadi nilai lebih dari furnitur yang kompak adalah hemat tempat, dan penempatannya yang efisien pada ruangan. Hemat tempat bisa berarti furnitur tersebut dapat dilipat setelah selesai digunakan atau dibongkar pasang, sehingga hanya membutuhkan sedikit ruang untuk penyimpanannya. Atau paling tidak pemilihan furnitur tersebut berdasarkan ukuran ruang yang ada. Dengan begitu, ketika ditempatkan tidak akan memakan banyak tempat. Semua aktivitas kita pun akan tetap nyaman, meskipun ditengah terbatasnya lahan.

Bisa Disembunyikan

Coba juga pertimbangkan untuk menerapkan sarana beraktivitas yang dapat disembunyikan. Misalnya meja makan yang dapat ditarik keluar dari meja dapur saat ingin digunakan, atau dimasukkan kembali setelah selesai digunakan, sehingga ruang tetap lapang. Contoh lain adalah meja tamu yang jika beberapa bagiannya ditarik keluar dapat menjadi lebih besar, sehingga nyaman digunakan untuk menyajikan hidangan. Kita juga dapat mempertimbangkan untuk membuat kompartemen tersembunyi di bawah tangga sebagai tempat penyimpanan.

Manfaatkan Ruang

Kita pun dapat memanfaatkan ruang pada bangunan. Misalnya, menambahkan mezanin di ruang dengan langit-langit yang tinggi. Dengan penggunaan mezanin, tentu kita mendapatkan area ekstra yang dapat dimanfaatkan sebagai area untuk kerja, maupun untuk sekadar bersantai. Mezanin itu juga dapat didesain sedemikian rupa sehingga juga dapat berfungsi untuk sarana penyimpanan. Menggunakan furnitur kompak Salah satu jenis furnitur kompak dengan sistem knock down yang dapat memastikan penggunaan ruang maupun area penyimpanan kian efisien karena dapat disimpan dan ditempakan di mana saja. bukan semata karena pilihan kita terbatas. Namun ini semua demi mendukung kenyamanan dan kemudahan dalam hidup yang semakin dinamis. Pikirkanlah ide yang simpel dan mudah untuk diterapkan. Misalnya menggunakan ambalan pada dinding, alihalih lemari untuk menyimpan koleksi buku favorit.

Siapkan genset

Rumah yang minimalis namun luas sangat tepat di terapkan di wilayah bali yang harga tanahnya mulai mahal. Agar rumah semakin nyaman jangan lupa siapkan genset. Genset merupakan perangkat sumber listrik cadangan bila terjadi pemadaman listrik dengan mendadak. Pastikan anda membeli genset di agen jual genset Bali terpercaya serta bergaransi resmi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *