Categories
Parenting

Hati-Hati Pilih Dressing Salad

Mengonsumsi salad segar yang dilengkapi dressing-nya tentu saja menyehatkan dan nikmat. Sayangnya, tidak semua saus atau dressing untuk salad bisa dikonsumsi dengan aman untuk mamil dan janinnya. Salad adalah salah satu sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan pada masa kehamilan. Mama dapat memilih salad sayur segar atau buah potong, yang bisa dilengkapi dengan kacang-kacangan dan sumber protein, seperti tahu, tempe, dan telur kukus.

Baca juga : Kerja di Jerman

Dibanding dengan sayuran yang sudah dimasak, sayuran mentah mengan dung lebih banyak nutrisi. Sayang, kandungan pestisida serta kemungkinan kontaminasi bakteri pada sayuran mentah tak aman bagi mamil dan janin. Namun, hal ini dapat diantisipasi dengan mencuci bersih sayuran sebelum dikonsumsi menggunakan air mengalir. Diawali  dari mencuci tangan memakai sabun sampai bersih di bawah air mengalir, lalu cuci satu per satu helai daun sayur dengan air mengalir. Setelah bersih benar, keringkan memakai tisu dapur atau tiriskan pada wadah berlubang sampai kering.

Selanjutnya, simpan sayuran dalam wadah tertutup di dalam kulkas hingga dingin sebelum disantap. Sebaiknya sa yuran dikonsumsi saat masih segar hingga dua hari sejak pembelian. Penelitian yang dilakukan oleh tim ahli dari Connecticut Agricultural Experiment Station pada 2000 menemukan, mencuci sayuran dengan air matang lebih efektif dibandingkan dengan air mentah. Untuk menghilangkan mikroorganisme pada sayuran, Mama dapat menggunakan sabun khusus pencuci sayuran yang mengandung 10% cuka, karena larutan cuka mampu mengurangi bakteri dan virus pada sayuran hingga 95%.

DRESSING UNTUK SALAD Nah, salad sayur atau buah belum lengkap jika tak dihidangkan bersama dressing atau biasa disebut saus. Dressing adalah cairan yang dikentalkan serta memiliki rasa tajam dan kecut. Gunanya untuk meningkatkan rasa suatu hidangan dan bisa membuat penampilan sebuah sajian menjadi lebih menarik. Rasa dressing sebaiknya lebih menonjol dari rasa bahan utama. Dressingdapat pula membuat sajian menjadi lebih bernutrisi bila menggunakan bahan-bahan bergizi, seperti jeruk lemon, jahe, dan lainnya. Yang perlu diingat dressing dipakai tidak untuk mengubah rasa asli dari bahan utama salad.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *