Categories
Rumah

Agar Tampilan Rumah Menjadi Modern

SeCondary SKin dapat mengubah tampilan bangunan dalam sekejap. Fakta tersebut yang mendasari indra Holizar, arsitek yang dipercaya oleh sMeC untuk mendesain ulang fasad gedung yang sebelumnya merupakan sebuah restoran. Menurutnya, kondisi bangunan lama tidak layak untuk ditampilkan sebagai sebuah klinik mata, karena mirip ruko. oleh karena itu indra memutuskan untuk mengubahnya dengan memanfaatkan secondary skin. selain desain, hal yang menjadi acuan utama bagi indra dalam merubah tampilan fasad bangunan ini adalah biaya dan waktu pengerjaannya. Desain sebelumnya tidak jadi diterapkan karena estimasi biayanya akan tinggi dan waktu pengerjaannya lama. kemudian agar tidak memakan waktu dan biaya yang berlebih, material yang digunakan adalah Aluminium Composit Panel (ACP). Desain yang dipilih untuk mengubah tampilan fasad bangunan ini adalah dengan menerapkan panel-panel kotak. indra memilih desain ini karena menginginkan sebuah kesinambungan dengan ruang interior dari klinik spesialis mata tersebut. Dari ide tersebut material ACP yang kemudian dianggap cocok untuk diterapkan sebagai pengubah wajah bangunan.

Proses pengelasan maupun perakitan panel-panel ACP, sudah dimulai dari bawah. Jadi panelpanel tersebut dapat langsung dipasang pada rangka yang berupa hollow dan siku pada fasad. Pemasangan panel yang memiliki variasi ukuran mulai dari 60-180 cm kemudian dibuat secara acak dengan variasi panel yang bertekstur kayu. Pola pemasangan panel-panel kotak kemudian dipasang dengan susunan berawalan panel berwarna putih, kemudian kaca. setelah itu yang dipasang adalah panel dengan tekstur kayu yang menjorok kedalam, warna abu-abu, kemudian diakhiri dengan panel berwarna putih lagi. Jadi kalau dilihat dari jauh, material kaca akan tampak seolaholah masuk ke dalam. Pola pemasangan kacanya juga dilakukan dengan cara acak, sehingga menampilkan dinding mosaik pada secondary skin yang mengedepankan nilai estetis ini.

Menurut indra, panel-panel tersebut sengaja dibuat tidak seragam agar nantinya tidak berkesan flat. Permainan modul panel warna yang diacak ini tampak seperti lukisan karya Piet Mondrian, yang identik dengan lukisan kotak berwarna-warni. Untuk perawatannya, indra mengakui cukup mudah, karena hanya perlu dilap laiknya kita membersihkan kaca pada rumah. Proses penyelesaiannya sendiri hanya membutuhkan waktu selama 1,5 bulan. karena itu, secondary skin dengan material dan cara ini dapat memperindah penampilan gedung dalam sekejap.

AlumINIum CompoSItE pANEl

Aluminium Composite Panel (ACP) merupakan material yang menggunakan bahan composite, atau bahan material yang direkayasa dengan bahan alami. keunggulan dari bahan ini adalah bobot materialnya yang ringan dengan kekuatan yang lebih tinggi dan tahan karat. Biaya perakitannya juga lebih murah karena berkurangnya jumlah komponen perakitan dan tidak memerlukan baut-baut penyambung. Material ini juga memiliki varian warna yang cukup banyak, sehingga memiliki nilai estetis sendiri jika digunakan di dalam maupun luar ruangan. Jangan lupa gunakan juga genset agar aktifitas tidak terganggu. Dengan adanya genset kamu tidak perlu khawatir lagi bila listrik di rumah anda terjadi pemadaman. Pastikan membeli genset dari supplier jual genset jakarta yang terpercaya dan bergaransi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *