Categories
News

3 Sayuran Penurun Darah Tinggi, Apa Saja Itu?

Hipertensi bisa menyerang siapa saja tidak hanya orang dewasa namun remaja pun bisa terkena. Di Indonesia hipertensi atau penyakit darah tinggi cukup menjadi penyakit yang diperhatikan dans ering terjadi.

Munculnya darah tinggi dakibatkan tekanan darah yang telah dites mencapai 140/ 90 di mana tekanan darah yang normal adakah 120/80.

Ada banyak yang menyebabkan Anda bisa mengidap tekanan darah tinggi seperti depresi, kelelahan, atau bisa juga karena penyakit turunan.

Sedangkan beberapa penyakit darah tinggi juga bisa diakibatkan akibat organ dalam yang bermasalah seperti ginjal atau arteri.

Bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi akibat depresi atau stress ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan. Salah satunya mengatur pola makan yang tepat. Dokter biasanya akan memberikan beberapa pantangan dan menyarankan sayuran untuk dikonsumsi.

Nah apa saja sayuran penurun darah tinggi yang wajib Anda konsumsi agar tekanan darah kembali normal? Berikut ini daftar pilihannya:

1. Bawang putih

Walaupun termasuk bumbu dapur, pada dasarnya bawang putih adalah sayuran. Dengan mengkonsumsi bawang putih Ana akan menghindari timbulnya pembekuan darah dalam tubuh.

Sehingga bawang putih akan menurunkan tekanan darah tinggi yang Anda miliki. Sebaiknya konsumsi bawang putih mentah satu atau dua siung setiap harinya. Jika Anda terganggu dengan bau dari bawang putih maka Anda bisa kumur atau sikat gigi setelah memakannya.

2. Seledri

Tanaman hijau selederi yang memiliki harum sangat menyenangkan dan sering digunakan pada banyak jenis masakans egar ini akan membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Adanya kandungan kalsium dan kalium ini akan mengendalikan darah tinggi dan kembali menjadi normal. Untuk konsumsinya Anda bisa membuat jus selederi, jika tidak suka dengan bau dan rasa langu dari sayur Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis.

3. Bayam

Jenis sayuran penurun darah tinggi selanjutnya adalah bayam. Adanya kandungan zat besi yang tinggi pada bayam akan menurunkan tekanan darah tinggi pada manusia.

Anda bisa mengkonsumsi bayam dalam bentuk salad atau dalam bentuk sayur. Ada dua jenis bayam yaitu bayam hijau dan bayam merah.

Keduanya memiliki kemampuan yang baik terutama bayam merah yang akan meningkatkan peredaran darah menjadi lebih lancar. Tak hanya itu bayam adalah sayuran yang kaya akan serat sehingga juga akan melancarkan kerja pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *